Kenalan dengan Tokoh Pasar Modal beserta quotesnya!

Banyak sekali tokoh di Pasar Modal di dunia, mulai dari yang luar negeri hingga di dalam negeri sendiri. Dengan cerita pengalaman investasi yang berbeda-beda dan sangat menarik, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa kita ambil sebagai investor. Yuk kenalan dengan tokoh pasar modal beserta quotes andalannya!

Lo Kheng Hong (Atas Kiri), Joel Greenbalt (Atas Kanan), John Bogle (Bawah Kiri). Warren Buffet (Bawah Kanan)
  1. Warren Buffet

Siapa yang tidak mengenal sosok yang dikenal sebagai Oracle Of Omaha ini. Bagaimana tidak, buffet mempunyai gelar sebagai investor terbesar di dunia. Pada 1962, Buffett menjadi miliarder karena keuntungannya yang besar dari kemitraannya. Dia kemudian berinvestasi dan kemudian mengambil alih perusahaan manufaktur tekstil, Berkshire Hathaway. Dan pada Pada 1988, Buffet mulai membeli saham perusahaan The Coca-Cola dan akhirnya memiliki 7% saham seharga USD1,02 miliar. Berkshire juga memiliki saham di American Express, Apple, IBM, Geico, Dairy Queen, dan Fruit of the Loom.

“If you don’t find a way to make money while you sleep, you will work until you die.” -Warren Buffet

(Jika Anda tidak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat Anda tidur, Anda akan bekerja sampai mati.)

  • John Bogle

Tumbuh dalam keluarga yang sangat terpengaruh oleh fenomena Great Depression (krisis terbesar yang pernah terjadi di Amerika Serikat). Bogle dengan terkenal menantang strategi Wellington untuk memusatkan investasinya pada satu dana tunggal. Pada tahun 1974, Bogle mendirikan perusahaan reksadana bernama Vanguard Group. Dengan Vanguard 500, memulai debutnya pada tahun 1976, Bogle memelopori investasi indeks sebagai opsi berbiaya rendah dan berpenghasilan tinggi bagi investor. John Bogle juga mencetuskan reksadana tanpa biaya (atau biaya serendah-rendahnya).

“Investing simplified: “Investing is not nearly as difficult as it looks. Successful investing involves doing a few things right and avoiding serious mistakes.” -John Bogle

(Berinvestasi sederhana: “Berinvestasi tidak sesulit kelihatannya. Investasi yang sukses mencakup melakukan beberapa hal dengan benar dan menghindari kesalahan serius.)

  • Joel Greenbaltt

Seorang tokoh pada bidang investasi saham yang menggunakan strategi saham berdasarkan nilai. Beliau adalah tokoh yang terkenal akan kontribusinya pada strategi investasi saham yang disebut dengan “The Magic Formula”. Pada tahun 1985, Joel Greenblatt mendirikan sebuah hedge fund (pengelola investasi) yang dinamakan Gotham Capital, dengan nilai investasi awal sebesar $ 7 juta. Ia juga merupakan penulis 2 buku best-seller “You Can Be a Stock Market Genius” dan “The Little Book That Beats the Market”, yang telah mengilhami dan mengubah pandangan banyak investor di seluruh dunia. Dia baru-baru ini merilis sebuah buku baru, ‘The Big Secret for the Small Investor”.

“The secret to investing is to figure out the value of something and then pay a lot less” -Joel Greenbalt

(Rahasia berinvestasi adalah mencari tahu nilai sesuatu dan kemudian membayar jauh lebih sedikit)

  • Lo Kheng Hong

Ini salah satu investor saham di Indonesia yang terkenal berhasil dalam menginvestasikan sahamnya di pasar modal Indonesia. Di usianya yang ke-30 tahun, untuk pertama kalinya Lo Kheng Hong mulai berkenalan dengan dunia investasi saham dan pasar modal. Lo Kheng Hong membeli saham pertamanya di tahun 1989. Dan pada Pada tahun 1996, tepat 17 tahun ia bekerja di perbankan, ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya agar fokus menjadi investor saham. Ia berani mengambil resiko tersebut karena telah mendapatkan keuntungan yang lumayan dari hasil berinvestasi saham, dan memiliki cukup pengalaman malang melintang selama tujuh tahun di lantai bursa.

“Buy on weakness. Be greedy when others are fearful. Be fearful when others greedy” -Lo Kheng Hong
(Beli saat melemah. Bersikaplah serakah saat orang lain ketakutan. Bersikaplah takut saat orang lain tamak)

Nah itu dia beberapa tokoh pasar modal yang bisa kita ambil ilmu dan pengalamannya, siapa yang paling memotivasi kalian? Semoga bisa sesukses para tokoh pasar modal diatas yaaa!


Bagi Para Pembaca yang tertarik dan ingin menjadi Ahli di Bidang Pasarmodal bisa meneruskan pendidikan Sarjana S1nya di Universitas MH Thamrin AKA. Kampus ini dengan jurusan Analisefek Pasarmodal telah menghasilkan lebih dari 10 angkatan lulusan yang memiliki Sertifikasi WPPE dan WMI. Lulusan UMHTAKA terserap di perusahaan pasarmodal berkat kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di WHATSAPP 081808555445 dan juga Instagram @kampuscepatkerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.