Manajer Investasi: Pengertian dan tugasnya

Berdasarkan pengertiannya Manajer Investasi (MI) atau Asset Management adalah pihak yang secara profesional memiliki tugas untuk mengelola dana dari Nasabah atau investor dalam berbagai penempatan instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito, dan ragam produk investasi lainnya, dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi para investor. Ibaratnya, kalau kita mengendarai bus, MI adalah supir yang mengantarkan kita ke tujuan. Dalam berinvestasi, maka uang kita yang akan diantarkan ke instrumen investasi.

Sudah punya reksa dana? Kalau sudah (pernah) punya reksa dana, pasti juga enggak asing dengan manajer investasi. Tapi, kalau belum, mungkin hal satu ini masih belum familier.

Manajer investasi adalah pihak (bisa perorangan ataupun perusahaan) yang secara profesional mengelola dana nasabah dalam berbagai instrumen investasi, mulai dari saham, obligasi, dan instrumen-instrumen lainnya, dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi para investor yang sudah memercayakan dananya pada mereka.

Tugas MI reksa dana antara lain:

Mengelola aset investor

Sebagai investor, ketika Anda menyetorkan sejumlah dana untuk membeli reksa dana, maka dana Anda akan dikelola oleh MI, lalu MI akan mengalokasikan dana tersebut sesuai dengan jenis reksa dana yang sudah Anda pilih.

Ada 4 jenis reksa dana yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran. 

Memilih dan memutuskan instrumen investasi yang akan dibeli

MI memiliki tugas untuk memilih dan membuat keputusan mana saja saham, obligasi, deposito ataupun surat berharga yang nantinya akan dibeli.

Semua keputusan investasi ini dilakukan MI berdasarkan data dan analisa yang mereka lakukan. Jadi Anda tak perlu khawatir dengan hal ini karena mereka pastinya akan memilihkan instrumen yang bisa memberikan keuntungan maksimal bagi investor.

Sebagai investor, Anda hanya perlu memantau hasil investasinya apakah menguntungkan atau tidak. Dengan kata lain, kinerja dari reksa dana sangat dipengaruhi oleh kepiawaian MI dalam meracik ataupun mengolah sebuah portfolio investasi.

Membuat Keputusan Jual atau Lepas Instrumen investasi 

MI juga bertugas dalam memutuskan kapan menjual atau melepas saham/obligasi yang berkinerja kurang baik. Mereka bekerja dengan baik untuk memastikan portofolio investasi yang dikelolanya bisa menghasilkan performa yang memuaskan untuk investor.

Melaporkan Hasil Investasi

Tugas MI juga membuat laporan dan melaporkan hasil investasi yang sudah dikelolanya. Laporan ini bisa Anda lihat melalui aplikasi manajer investasi yang Anda pilih. Misalnya, nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, harga dan persentasi keuntungan investasi.

Nah sebelum memulai investasi Reksadana , pastikan manajer investasi:

  • Mempunyai izin
  • Telusuri track record
  • Lihat kinerja

So, pastikan manajer investasi yang akan kamu pilih terdaftar di OJK ya. Biasanya sih mereka akan mencantumkan logo OJK di aplikasi ataupun website-nya. Kalau enggak ada logo OJK, berarti kamu perlu pertimbangkan ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.