Mengenal apa itu Pasar Modal dan manfaatnya!

Mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar istilah “Pasar Modal” namun belum mengetahui sebenarnya apa itu pasar modal dan produk-produknya yang bisa kita beli.

APA ITU PASAR MODAL?

Menurut UU Nomor 8 tahun 1995, Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Di Pasar modal-lah bertemunya investor dan emiten. Investor berperan sebagai pihak yang memiliki dana. Sementara itu, emiten merupakan sebuah badan usaha yang membutuhkan modal dan mengeluarkan surat berharga untuk diperdagangkan.

MANFAAT PASAR MODAL?

Sebenarnya untuk apasih Pasar Modal itu ada? Dan apa keutungan bagi kita, emiten dan negara?

  • Sarana Investasi bagi investor

Sebagai masyarakat kita dapat menempatkan modal atau dana kita sebagai investasi di Pasar modal, dengan begitu kita dapat disebut sebagai Investor.

  • Meningkatkan pendapatan bagi negara

Negara akan menerima pajak dari dividen yang dibagikan perusahaan kepada pemilik atau pemegang saham. Nah dari sana otomatis pendapatan negara pun bisa meningkat.

  • Sarana pendanaan bagi perusahaan

Bagi perusahaan atau emtien dapat menyebarkan kepemilikan ke seluruh lapisan masyarakat, dengan begitu Perusahaan dapat suntikan dana segar dari investor untuk digunakan sebagai ekspansi atau keperluan lainnya

  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat

Dengan suntikan modal yang didapatkan oleh perusahaan, maka aktivitas dari perusahaan itu sendiri juga akan meningkat. Nah seiring peningkatan aktivitas yang terjadi pasti membutuhkan tenaga kerja yang baru.

  • Sebagai indikator perekonomian negara

Untuk mengukur perekonomian dari suatu negara baik atau tidaknya bisa dilihat dari aktivitas di pasar modal. Semakin banyak transaksi yang terjadi, berarti hal tersebut menandakan bahwa aktivitas perekonomian di negeri tersebut memang baik. Namun jika sedikit transaksi yang terjadi, ada kemungkinan aktivitas perekonomian di negeri tersebut sedang kurang baik.

Nah itu dia pengertian dan manfaat adanya Pasar Modal disuatu negara, karena pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara, coba bayangkan bagaimana jika negara tidak ada pasar modal? mungkin tidak bisa berkembang.


Bagi Para Pembaca yang tertarik dan ingin menjadi Ahli di Bidang Pasarmodal bisa meneruskan pendidikan Sarjana S1nya di Universitas MH Thamrin AKA. Kampus ini dengan jurusan Analisefek Pasarmodal telah menghasilkan lebih dari 10 angkatan lulusan yang memiliki Sertifikasi WPPE dan WMI. Lulusan UMHTAKA terserap di perusahaan pasarmodal berkat kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di WHATSAPP 081808555445 dan juga Instagram @kampuscepatkerja

3 thoughts on “Mengenal apa itu Pasar Modal dan manfaatnya!

  • January 11, 2021 at 12:16 pm
    Permalink

    Sangat mengedukasi dan menarik, semoga pasar modal indonesia maju terus!

    Reply
  • January 11, 2021 at 12:20 pm
    Permalink

    Bersyukur ada Pasar Modal di Indonesia

    Reply
  • January 11, 2021 at 12:23 pm
    Permalink

    Banyak juga ya manfaatnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.