Tips Magang untuk jurusan Manajemen Pasar Modal

Sumber Daya Manusia yang profesional dalam bidang Manajemen Analis Efek atau Pasar Modal pada saat ini masih relatif sedikit, permintaan padahal pasar dalam hal ini perusahaan terkait untuk  SDM tersebut masih sangat besar , dengan demikian, lulusan program studi efek atau pasar modal masih  mempunyai peluang yang sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan . Namun tentu tetap perlu adanya tips agar bisa mendapatkan magang saat berkuliah.

  • Manfaatkan Teknologi

Di jaman yang sudah serba digital ini, nggak ada salahnya kalau kita memanfaatkan kecanggihan teknologi. Soalnya, mungkin buat sebagian orang, memanfaatkan Linkedin, atau yang lain, lebih efisien daripada menghubungi perusahaan berkali-kali. Begitupun dengan perusahaannya, mungkin perusahaan tersebut juga sudah sangat melek digital.

  • Manfaatkan jaringan

Ketika mencari tempat magang, jangan sungkan untuk bertanya kepada kakak kelas atau almamater dari kampus. Apalagi jika perusahaan yang di tuju merupakan tempat magangnya dulu. Minta dia menceritakan pengalaman magang serta hal-hal apa yang mesti diperhatikan. Selain mendapatkan gambaran tentang perusahaan, kamu juga akan mengerti alur kerja serta keinginan dari perusahaan

  • Jangan tunggu sampai perusahaan membuka program magang

Meski perusahaan yang kamu minati nggak lagi membuka program magang, bukan berarti kamu langsung patah semangat dan berkecil hati, kamu bisa inisiatif utnuk bertanya kepada founder atau siapapun yang berhubungan dengan perusahaanya, dan jangan lupa beritahu alasan kalian ingin mengikuti program magang dan alasan kenapa perusahaan itu yang kalian pilih.

  • Persiapkan dengan rapi berkas yang dibutuhkan

Meskipun magang, CV dan portfolio tetap dibutuhkan.  Maka dari itu, kalian harus rajin mengotak-atik dan buat semenarik mungkin, Kalian juga bisa menyesuaikan CV dan portfoliomu dengan profil perusahaan yang dituju.

  • Mengikuti ujian profesi

Untuk bekerja di industri Pasar Modal membutuhkan lisensi profesi (WPPE/WPEE/WMI) yang nantinya digunakan untuk syarat bekerja di perusahaan efek/manajer investasi/dan lainnya. Kalian harus lulus dalam ujian profesi tersebut untuk mendapatkan lisensi tersebut.

Nah tips diatas bisa kalian gunakan untuk bisa magang di tempat impian kalian, namun perlu diingat, kalian perlu memperbanyak pengalaman dan ilmu terlebih dahulu, dengan mengikuti seminar-seminar, workshop dan turut aktif dalam organisasi di kampus kalian, semisal BEM/HIMA/Dan lainnya.

Dan ingat selalu cari alternatif lain, jangan putus asa dan selalu berfikir kritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.