Tips Sukses Kuliah Jurusan Manajemen Pasar Modal!

Menempuh pendidikan di jenjang kuliah tentu merupakan salah satu impian anak setelah lulus sekolah. Kamu akan menjalani perkuliahan sambil mengasah kemampuan berorganisasi sebelum tiba di dunia kerja. Namun, dunia kampus tak semudah yang dibayangkan. Ada saja hambatan seperti tugas yang banyak, rasa malas, demotivasi, dan lainnya. Kesuksesan kuliah dimulai dari menentukan tujuan yang ingin dicapai hingga menjalani dunia perkuliahan. Lalu seperti apa tips suksesnya?

  1. Mulai praktik, jangan hanya teori

Soal Pasar Modal, nggak cukup dengan hanya mempelajari teori dan ilmu dari bangku kuliah saja. Mahasiswa perlu mempraktikannya. Dengan cara menganalisa saham dan mulai bertransaksi saham (Trading/Investasi)

Jadi mulai deh, bikin akun rekening efek. Cara lainnya adalah dengan magang/bekerja paruh waktu di perusahaan. Dari situ, kamu bisa mengamati langsung bagaimana sebuah Broker/Dealer/Analis berjalan.

  • Gali pengalaman pelaku usaha

Orang yang terjun investasi/trading memiliki banyak pengalaman. Nah, pengalaman mereka bisa menjadi pengetahuan yang berharga buat kamu, sebab nggak ada di buku. Kamu bisa tanya-tanya ke keluarga/kerabat yang berinvestasi/trading atau hadir di berbagai acara seminar. Nggak hanya itu, biasanya di kampus, ada dosen yang juga merupakan praktisi pasar modal.

Di kelas biasanya dia suka membagi pengalamannya. Manfaatkan hal tersebut. Jangan ragu untuk bertanya, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan beliau. Dan yang tak kalah penting, perhatikan apa yang ia sampaikan.

  • Kuasai soft skills

Bidang pasar modal juga membutuhkan soft skills, terutama kemampuan komunikasi. Kemampuan ini bisa diasah melalui proyek perkuliahan atau di luar kelas seperti dalam organisasi

  • Mengikuti perkembangan dunia pasar modal di dalam dan luar negeri

Mengikuti perkembangan pasar modal dengan mengikuti pelatihan, seminar, workshop dan lainnya. Sangat penting untuk mengikuti perkembangan dunia pasar modal di luar negeri juga karena bisa berdampak ke dalam negeri.

  • Tingkatkan hard skill penunjang: Bahasa Inggris, bahasa asing lainnya, penguasaan teknologi, dan sebagainya

Bahasa Inggris serta bahasa asing lainnya akan sangat membantu dalam industri pasar modal. Bahasa membuat kamu lebih bisa terhubung dengan banyak informasi dan banyak orang. Tingkatkan kemampuan bahasa asingmu. Jangan puas dengan kemampuan rata-rata.

Selain itu, teknologi hampir nggak bisa dipisahkan dari industri pasar modal. Sebagai mahasiswa, setidaknya kamu wajib memiliki skill dasar dan punya wawasan teknologi.

Mahasiswanya harus menguasai skill tersebut dengan menerapkannya di perkuliahan. Misalnya, untuk beberapa matkul menggunakan bahasa pengantar Inggris. Trus, perkuliahan memanfaatkan teknologi sehingga mahasiswanya terbiasa.


Bagi Para Pembaca yang tertarik dan ingin menjadi Ahli di Bidang Pasarmodal bisa meneruskan pendidikan Sarjana S1nya di Universitas MH Thamrin AKA. Kampus ini dengan jurusan Analisefek Pasarmodal telah menghasilkan lebih dari 10 angkatan lulusan yang memiliki Sertifikasi WPPE dan WMI. Lulusan UMHTAKA terserap di perusahaan pasarmodal berkat kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di WHATSAPP 081808555445 dan juga Instagram @kampuscepatkerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.