Tips sukses Investasi di Pasar Modal bagi Pemula!

Istilah “Investasi” mungkin bukanlah sesuatu yang asing di telinga kita, Namun bagi pemula, penjelasan dan tips mengenai Berinvestasi sangatlah dibutuhkan.

Secara umum, Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

8 Tips sukses investasi di Pasar Modal

Ada beberapa tips hal yang perlu diperhatikan saat memulai Berinvestasi di Pasar Modal;

  • Pahami tujuan Investasi

Tujuan investasi akan menentukan lamanya waktu anda berinvestasi. Apakah untuk biaya pendidikan, dana pensiun, dana pernikahan atau dana mendadak. Hal ini juga harus dilihat dari lamanya entah itu Jangka Pendek, menengah atau Panjang.

  • Kenali Profil Risiko

Kita harus mengetahui risiko-risiko berinvestasi di pasar modal dan mengetahui apakah kita termasuk dalam Investor Risk Averter (Investor yang berusaha menjauhi risiko. Tujuan utama adalah menjaga nilai uangnya agar tidak kebalap dengan inflasi) , Investor Risk Neutral (Investor yang berharap kenaikan tingkat pengembalian yang sama untuk setiap kenaikan risiko) atau Investor Risk Taker (Investor yang lebih berani mengambil risiko untuk menghasilkan keuntungan yang lebih  besar / imbal hasil tinggi)

  • Pelajari alternative Investasi

Tidak hanya saham, di pasar modal banyak sekali pilihan investasi yang kitabisa pilih, seperti Obligasi, Sukuk, dan Reksadana

  • Pahami tingkat risiko produk investasi

Kita harus ingat ya High Risk-High Return , Low Risk-Low Return. Jadi semisal kita berinvestasi di saham gorengan yang kenaikan harganya sangat cepat dan tinggi, kita harus ingat, jika keuntungannya besar, resiko loss pun juga besar. Jadi setelah paham tentang tingkat risiko produk investasi, jangan sampe jantungan ya hehe

  • Tentukan batas Investasi

Dalam berinvestasi, jangan seluruh keuangan kita gunakan untuk investasi, Berinvestasilah sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing dan sesuaikan pula dengan profil risiko.

  • Tentukan Strategi Investasi

Perlu sebuah strategi agar Investasi yang kita lakukan dapat mendapatkan hasil, seperti membagi porsi dana untuk Reksadana untuk Jangka Panjang, dan untuk Deposito untuk jangka pendek, ini semua sesuai strategi masing-masing.

  • Manfaatkan jasa professional (apabila diperlukan)

Kita yang masih awam, ataupun tidak ada waktu untuk mengurusi Investasi, bisa menggunakan jasa professional di Pasar Modal bisa jadi pilihan.

  • Pertahankan Tujuan Investasi

Ketika berinvestasi, ingat tujuan awal diri kita. Dan perhatikan money management agar lebih maksimal, ingat jangan serakah dan jangan tamak!

Dengan mengikuti tips berinvestasi di pasar modal bagi pemula diatas, dipastikan kita bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman!


Bagi Para Pembaca yang tertarik dan ingin menjadi Ahli di Bidang Pasarmodal bisa meneruskan pendidikan Sarjana S1nya di Universitas MH Thamrin AKA. Kampus ini dengan jurusan Analisefek Pasarmodal telah menghasilkan lebih dari 10 angkatan lulusan yang memiliki Sertifikasi WPPE dan WMI. Lulusan UMHTAKA terserap di perusahaan pasarmodal berkat kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di WHATSAPP 081808555445 dan juga Instagram @kampuscepatkerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.